Riau Raya

Diskop Pelalawan Sebut 164 Koperasi 'Sakit'

PELALAWAN-Berdasarkan data Dinas Koperasi Kabupaten Pelalawan, dari 237 koperasi yang terdaftar, hanya 60 koperasi yang aktif, sisanya 164 koperasi tergolong ‘sakit’.

“Keadaan ini karena besarnya jumlah koperasi di daerah ini ternyata tak diimbangi kemampuan manejerial pengurus koperasi. Sehingga yang terjadi, tiga perempat dari koperasi yang ada hanya memiliki papan nama saja. Karena itu, dari jumlah koperasi yang ada di daerah ini, tak lebih dari setengahnya saja yang aktif,” ungkap Kepala Dinas Koperasi Pelalawan, Milyono, Rabu (21/8).

Berdasarkan standar dari Kementerian Koperasi, sambungnya, maka koperasi yang sehat adalah koperasi yang dikelola secara profesional dan dapat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Dan jika koperasi tersebut tak mampu melaksanakan RAT maka dapat dikatakan koperasi itu sakit.

“RAT itu mengindikasikan pengelolaan koperasi itu dilaksanakan secara transparan, pengurus dapat mempertanggungjawabkan kepercayaan anggota dengan melaporkan pembukuan selama satu tahun kepada anggota,” tandasnya.

Dan dengan banyaknya koperasi yang berada dalam kondisi sakit seperti saat ini, lanjutnya, maka bukan berarti Diskop dan UMKM Kabupaten Pelalawan segera melakukan amputasi kepada koperasi yang tidak sehat itu. Namun pihak Diskop akan mengedepankan upaya penyehatan dengan memberikan berbagai pembinaan kepada seluruh koperasi yang ada.

“Tentunya saya mengutamakan upaya penyehatan koperasi, 164 koperasi yang sakit itu akan kita upayakan disehatkan. Kita akan beri pembinaan dan pelatihan,” katanya.

Untuk itu, masih kata Milyono, salah satu terobosan dan inovasi yang dilakukan adalah penguatan internal koperasi. Salah satunya dengan program pembinaan dan pendampingan yang dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan kepada 237 koperasi yang ada.

Sementara itu, dalam memeriahkan HUT Koperasi ke-66 tahun ini, Diskop, Rabu (21/8) mengadakan berbagai perlombaan guna menyemarakkan hari bersejarah bagi para penggiat koperasi.

“Berbagai perlombaan ini kami selenggarakan memang berkenaan dalam merayakan HUT Koperasi ke-66, seperti tarik tambang, futsal, jalan santai, volly ball dan lomba lainnya,” kata Milyono.(rrp/rep05)